MUSDES TRANSFORMASI BKD DESA BEDEWANG

  20 Desember 2017  |  DESA BEDEWANG

Acara Musdes Transformasi BKD yang bertepatan pada hari Rabu 20 Desember 2017 berlangsung lancar, dimana dalam acara tersebut inti pokoknya yaitu membahas “Transformasi Badan Kredit Desa (BKD) Ke Bum Desa Bersama”.

Acara ini dihadiri oleh semua anggota BPD Desa Bedewang, kepala desa serta jajaran pemerintahan lainya. Dan tentunya juga dihadiri oleh pengurus BKD tingkat Kabupaten. Perlu diketahui BKD se kabupaten banyuwangi ada 66 BKD yang ada di desa, dan 20 ada di kelurahan. 66 BKD pada awal pendiriannya mendapatkan suntikan dana total 56 milyar.

 

Bapak Muhammad Yasin mengatakan seluruh provinsi jawa timur, yang memiliki semangat transformasi BKD ke Bumdes Bersama adalah Banyuwangi. Kabupaten Banyuwangi mendapatkan dukungan dari lembaga eksekutif dan legislatif.

 

Transformasi BKD ke Bumdes Bersama, yakni melalui musyawarah desa, kemudian musyawarah antar desa. Untuk proses musyawarah antar desa, semua desa wajib membentuk badan kerjasama antar desa (BKAD) khusus, sebagaimana diatur dalam undang-undang, ujar mantan PPK Pendamping Desa.

Perlu diketahui, bahwa transfomasi BKD ke Bumdes Bersama berdasarkan Peraturan OJK (POJK) No.10/POJK.03/2016. Berdasarkan POJK No.10/POJK.03/2016 bisa bertransformasi menjadi Bank Perkreditan Rakyat (BPR), jika masih mengalami kesulitan memenuhi kebutuhan BPR, OJK menawarkan solusi agar BKD bertransformasi menjadi Lembaga Keuangan Mikro (LKM), atau unit usaha BUMdes. *(MH)

Contact Details

  Alamat :   Jln Iskandar Muda Nomor : 08 BEDEWANG - SONGGON
  Email : desabedewang17@gmail.com
  Telp. : 081358246257
  Instagram :
  Facebook :
  Twitter :


© 2019,   Web Desa Kabupaten Banyuwangi